Potensi Pantai Kerobokan Untuk Wisata Bawah Air

PUTU PERMANA ARTHA 25 Agustus 2022 22:34:32 WITA

Desa Kerobokan salah satu desa yang terletak pada kabupaten Buleleng, Bali. Desa Kerobokan  juga merupakan salah satu bagian paling utara bali, sehingga perbatasan utara desa Kerobokan adalah pantai utara bali. Hal tersebut membuat desa kerebokan memiliki objek wisata keindahan pantainya. Pantai yang memiliki air yang cukup tenang dan pasir pantai yang berwarna hitam, tidak cocok jika digunakan untuk olahraga surving. Namun, dibalik itu semua, pantai Kerobokan memiliki satu kelebihan yaitu keindahan bawah lautnya.

Pantai kerobokan memiliki potensi keindahan dan kekayaan bawah laut yang luar biasa. Pemandangan bawah lautnya didominasi oleh terumbu karang dan biota laut beraneka bentuk dan warna. Pesona bawah lautnya semakin nyata saat ikan-ikan kecil beraneka warna tampak bermain di antara terumbu karang.Terbukti dengan mahasiswa KKN Universitas Udayana desa Kerobokan ke XXV yang melakukan snorkeling di pantai Kerobokan.

Pada bawah lautnya terdapat banyak makhluk hidup yang berhabitat disana, seperti bintang laut biru atau yang memiliki nama latin Linckia laevigata. Bintang laut biru memang penghuni perairan dangkal tropis Indo-Pasifik, jadi wajar saja jika bawah laut pantai Kerobokan terdapat banyak spesies ini. Bintang laut biru ini juga memiliki kemampuan untuk berkembang biak secara aseksual. Sehingga bintang laut biru ini sangat banyak di dasar laut sekitar pantai Kerobokan.

Bintang laut biru merupakan salah satu daya Tarik keindahan bawah laut pantai Kerobokan. Namun, selain itu ada juga berbagai jenis koral yang terdapat di dasar laut pantai Kerobokan. Pemandangan bawah lautnya didominasi oleh terumbu karang dan biota laut beraneka bentuk dan warna. Pesona bawah lautnya semakin nyata saat ikan-ikan kecil beraneka warna tampak bermain di antara terumbu karang.

Kawasan Pantai Kerobokan sangat aman dan cukup potensial jika di kembangkan kedepannya sebagai distinasi wisata bawah laut. Di bawah laut pantai Kerobokan juga terdapat heksadom atau yang di sebut sebagai rumah ikan buatan. Heksadom tersebut terletak di bagian timur dasar laut pantai Kerobokan.

Pada dasar laut pantai Kerobokan juga banyak ditumbuhi terumbu karang alami, namun tumbuhnya secara berkelompok. Selain terumbu karang, dan adanya bintang laut biru, ada juga kuda laut, lion fish, ikan badut.

Dengan banyaknya keindahan yang telah dipaparkan diatas, pantai Kerobokan bisa menjadi salah satu pantai pilihan untuk rekreasi alam snorkeling. Kegiatan snorkeling ini juga tidak perlu memiliki kemampuan khusus menyelam, bahkan yang tidak bisa berenang juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan cara snorkeling. Dimana kegiatan snorkeling ini menggunakan pelampung agar bisa tetap mengambang dan tidak akan mungkin tenggelam. Sehingga bagi yang tidak bisa berenang, jangan takut untuk rekreasi alam yang satu ini.

Menjadikan obyek wisata Pantai Kerobokan khususnya taman bawah laut tetap memikat memang bukanlah perkara mudah. Perburuan ikan hias serta penanganan limbah sampah butuh keseriusan, serta komitmen pemerintah dan warga dalam penanganannya.

Komentar atas Potensi Pantai Kerobokan Untuk Wisata Bawah Air

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Jam Digital

Komentar Terkini

Kalender Bali

Lokasi KEROBOKAN

tampilkan dalam peta lebih besar