PENCANANGAN DESA KEROBOKAN KAWASAN BEBAS NARKOBA

Administrator 07 Juni 2018 09:16:29 WITA

DESA KEROBOKAN DI JADIKAN KAWASAN BEBAS NARKOBA OLEH KAPOLRES BULELENG


Bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi kita. Kita telah sering mendengar dan membaca berita tentang narkoba di mediaelektronik maupun media cetak. Di Indonesia, peredaran obat terlarang ini sudah menjadi alah satu permasalahan utama yang harus segera diatasi.

Narkoba adalah obat-obatan yang mampu membius. Dengan kata lain, narkotika adalah obat-obatan yang mampu menggangu sistem kerja saraf tubuh untuk tidak merasakan sakit atau rangsangan. Narkotika pada awalnya ada tiga yang terbuat dari bahan organik yaitu Candu (Papaper Somniferum), kokain (Erythroxyion coca) dan ganja (Cannabis sativa). Sekarang narkoba jenis narkotika adalah Opium atau Opioid atau Opiat atau Candu, Codein, Methadone (MTD), LSD, PC, mescalin, barbiturat, demerol, petidin, dan lainnya.

FAKTOR PENYEBAB PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Faktor yang mendorong
1.    Pengendalian diri yang lemah
2.    Kondisi kehidupan keluarga
3.    Temperamen sulit
4.    Mengalami gangguan perilaku
5.    Suka menyendiri dan berontak
6.    Prestasi sekolah yang rendah
7.    Tidak di terima di kelompok
8.    Berteman dengan pemakai
 
1.    Faktor individual
Kebanyakan dimulai pada saat remaja, sebab pada remaja sedang mengalami perubahan biologi, psikologi maupun sosial yang pesat. Ciri-ciri remaja yang mempunyai resiko lebih besar menggunakan Narkoba, seperti kurang percaya diri, mudah kecewa, agresif, murung, pemalu, pendiam dan sebagainya.

2.    Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan meliputi faktor keluarga dan lingkungan pergaulan kurang baik sekitar rumah, sekolah, teman sebaya, maupun masyarakat, seperti komunikasi orang tua dan anak kurang baik, orang tua yang bercerai, kawin lagi, orang tua terlampau sibuk, acuh, orang tua otoriter dan sebagainya.
 

Desa Kerobokan di pilih menjadi kawasan bebas Narkoba Oleh Polres Buleleng melalui Kasat Narkoba AKP. KETUT SUPARTA,S.H. Menyatakan bahwa selama Hampir 3 (tiga) tahun Masyarakat desa Kerobokan belum pernah tertangkap masalah penyalah gunaan Narkoba, namun Beliau menyampaikan Bawasannya di desa Kerobokan terdapat lokasi-lokasi yang di duga sebagai tempat untuk bertransaksi barang haram tersebut. Kasat Narkoba AKP. KETUT SUPARTA,S.H. juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk ikut serta dalam membrantas peredaran narkoba di lingkunagan Desa Kerobokan, jika terdapat warga desa kerobokan yang diketahui menggunakan Narkoba untuk segera melakukan pendekatan kepada yang bersangku. “Jadi kalau ada keluarga yang menggunakan dan sudah kecanduan narkoba dilaporkan saja ke BNN supaya bisa disembuhkan,” agar mendapat rehabilitasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Perbekel Desa Kerobokan Bpk PUTU WISNU WARDANA Menekankan kepada generasi muda mengenai akibat dari penyalahgunaan Narkoba akan merusak moral dan juga kehidupan yang bisa dipergunakan untuk hal-hal yang positif. Penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda dewasa ini kian meningkat Maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut, dapat membahayakan keberlangsungan hidup bangsa ini di kemudian hari. Karena pemuda sebagai generasi yang diharapkan menjadi penerus bangsa, semakin hari semakin rapuh digerogoti zat-zat adiktif penghancur syaraf. Sehingga pemuda tersebut tidak dapat berpikir jernih. Akibatnya, generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan.Sasaran dari penyebaran narkoba ini adalah kaum muda atau remaja.

Sebagai Keseriusan untuk membrantas narkoba pemerintah Desa kerobokan Berkeja Sama Dengan Polres Buleleng Akan membentuk tim relawan, Tim relawan yang akan dibentuk merupakan sejumlah masyarakat yang terdiri dari berbagai latar belakang. Program pembentukan tim relawan anti narkoba yang dilaksanakan secara nasional ini diharapkan dapat membantu upaya pencegahaan penyalahgunaan narkoba “Melalui relawan anti narkoba nantinya kita berharap bisa lebih dekat kepada masyarakat dalam melakukan upaya pencegahan narkoba,” ungkap AKP. KETUT SUPARTA,S.H. saat menyampaikan sosialisasi yang dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, pemuda dan organisasi.

Olehnya, tim relawan yang akan direkrut diharapkan mampu menguasai sejumlah persyaratan untuk menjadi relawan anti narkoba, diantaranya bisa memberikan informasi akurat terkait adanya penyalahgunaan narkoba di lingkungan masing-masing.

 

 



Komentar atas PENCANANGAN DESA KEROBOKAN KAWASAN BEBAS NARKOBA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Jam Digital

Koding jam digital

Komentar Terkini

Kalender Bali

Lokasi KEROBOKAN

tampilkan dalam peta lebih besar