SOSIALISASI TEKNIS SISTEM INFORMASI KEARSIPAN DINAMIS

Administrator 12 September 2019 09:53:57 WITA

KBRN, Singaraja : Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng, Rabu (11/9/2019) gelar sosialisasi persiapan untuk mengikuti lomba kearsipan dan penyusunan kearsipan desa dan internal di OPD. Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di aula kantor Dinas Pertanian.

Momen kegiatan sosialisasi persiapan lomba kearsipan OPD Desa Kelurahan yang dilaksanakan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng selain sebagai upaya untuk menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan lomba  kearsipan tahun 2020 juga dipergunakan untuk melakukan evaluasi terhadap hasil lomba yang sama sebelumnya. Evaluasi dalam bentuk pengawasan secara internal di OPD termasuk semua lembaga menyangkut apakah peserta sudah menindaklanjuti hasil dari lomba sebelumnya sesuai indikator satu diantaranya berkaitan dengan ketaatan terhadap UU Tata Kelola Kearsipan yang berlaku. Terlebih dengan telah dilakukan komitmen gerakan nasional sadar tertib arsip GNSTA antara pimpinan OPD , camat perbekel lurah dalam wilayah Kabupaten Buleleng.

“Pada waktu kita berkomitmen untuk kegiatan GNSTA itukan sudah ditindaklanjuti dengan pergub-pergub regulasi yang mengatur tentang penyelenggaraan kearsipan,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan arsiparis ahli muda yang juga sekretaris Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Buleleng, I Putu Kariaman Putra, menurutnya sebelum lomba dan penilaian diselenggarakan tahun depan, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Buleleng mengawali dengan sosialisasi, dilanjutkan dengan pembinaan dan pemantapan dengan lebih memperkuat SDM sebagai peserta lomba ditunjang dengan sarana prasarana pendukung. Dalam sosialisasi dimaksud, juga diselipkan sosialisasi instrumen pengawasan kearsipan internal.

“Ahli ini diberikan kepada OPD yang sudah mengikuti lomba tahun 2019, berikut juga OPD yang akan kita adakan pengawasan kearsipan internal karena sesuai dengan target yang telah diberikan oleh provinsi dan ANRI bahwa tahun ini maksimal diawal tahun 2020, semua OPD wajib dan sudah selesai diadakan pengawasan kearsipan internal atau audit kearsipan sehingga nanti dibulan Mei 2020, hasil audit itu disahkan oleh bapak bupati secara keseluruhan bahwa di OPD lembaga yang ada di Kabupaten Buleleng sudah diadakan pengawasan kearsipan internal atau audit kearsipan,” ujarnya.

Kariaman Putra menambahkan untuk kegiatan pendampingan terkait persiapan lomba tata kelola kearsipan dimulai pada tanggal 16 September dengan sasaran semua desa kelurahan lanjut 10 OPD.  Untuk lomba tata kelola kearsipan tahun 2020 khsus untuk penilaian di tingkat OPD dilakukan secara bertahap. Sedangkan untuk utusan peserta lomba tata kearsipan dari masing-masing desa kelurahan, diajukan oleh kecamatan setempat dalam wilayah Kabupaten Buleleng.

Sumber. Dinas Kearsipan dan perpustakaan Kabupaten Buleleng

Dokumen Lampiran : SOSIALISASI TEKNIS SISTEM INFORMASI KEARSIPAN DINAMIS


Komentar atas SOSIALISASI TEKNIS SISTEM INFORMASI KEARSIPAN DINAMIS

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Jam Digital

Koding jam digital

Komentar Terkini

Kalender Bali

Lokasi KEROBOKAN

tampilkan dalam peta lebih besar